Senin, 26 Maret 2012

Ekspolarasi Wisata di kota Gurindam Bintan.

Apakah anda masih mengingat Gurindam 12 yang berisi petuah bijak bagi kehidupan manusia? Gurindam 12 Merupakan puisi karya sastrawan asal pulau Penyengat, Kepulauan Riau, Sultan Ali Haji. Raja Ali Haji ialah pujangga dan pencatat pertama dasar-dasar tata bahasa Melayu lewat buku pedoman Bahasa Melayu. Buku itu menjadi standar bahasa Melayu yang kemudian ditetapkan sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia.

Gurindam 12 juga tertera di sebuah tugu besar di kota Bintan. Bintan mempunyai luas sekitar 1800 km2 dan dikelilingi garis pantai sepanjang 728 km dengan jumlah penduduk sekitar 300 ribu jiwa.


Tak hanya dikenal dengan nama kota Gurindam, pulau Bintan juga memiliki potensi wisata alam dan sejarah yang menarik.

Untuk mencapai pulau Bintan, caranya juga cukup mudah, yakni dapat ditempuh dengan kapal penyebrangan atau melalui bandar Kijang yang melayani perjalanan dua kali seminggu. Selain itu, bisa melalui bandar internasional Batam - Tanjung Pinang.

Bintan juga mempunyai sejumlah hotel dan resort bergengsi karena potensi alam yang indah. Seperti di daerah Lagoi yang memiliki tujuh hotel bertaraf internasional, dua resor, dan dua lapangan golf bertaraf internasional dengan 36 hole.

Selain menikmati hangatnya sinar matahari di atas pasir putih, anda bisa mencoba beragam olah raga air seperti surfing, banana boat, dan papan seluncur. Pengunjung juga dapat bermain golf karena tersedia beberapa tempat permainan golf bertaraf internasional yang didesain Gary Player, Jack Nicklaus, Greg Norman, dan Ian Baker Finch.

Jangan lewatkan pula wisata pantai eksotis di Pantai Trikora untuk melihat tumbuhan dan binatang laut yang berada di pinggiran pantai. Nikmati pula indahnya kekayaan alam di dasar laut dengan menyelam dan melihat karang,  ikan laut, kerang laut, dan tumbuhan laut. Pantai Trikora juga memiliki keunikan dengan sinar matahari yang menembus sampai ke dasar laut sehingga tidak gelap saat menyelam.

Selain itu, ada Pasar Malam Akau, Pelantan atau Kampung Sungai, dan aneka kuliner khas Bintan yang dapat anda nikmati, seperti siput gong-gong atau siput laut yang hanya ditemukan di sekitar pulau Bintan dan Batam.

Artikel Terkait Lainnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar